Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta sejak tahun 1971 secara konsisten dan berkelanjutan memberikan Bantuan Hukum Struktural kepada masyarakat dimiskinkan, buta hukum, dan tertindas. Setiap tahunnya, LBH Jakarta menerima lebih dari seribu pengaduan dengan puluhan ribu pencari keadilan. Oleh karenanya kami membutuhkan banyak orang yang terlibat dalam pemberian layanan tersebut.
LBH Jakarta sangat mempercayai pentingnya proses regenerasi untuk terus melahirkan para Pengabdi Bantuan Hukum yang humanis, mandiri, progresif, dan berintegritas dalam mewujudkan layanan bantuan hukum yang berkualitas. Sebagai sebuah tim, LBH Jakarta menghargai setiap peran dan keterlibatan dari semua komponen organisasi untuk mewujudkan hal tersebut. Untuk itu, LBH Jakarta mengajak rekan-rekan yang memenuhi kriteria di bawah ini untuk mengikuti proses seleksi sebagai Staf Pelaksana Penggalangan Dana Publik.
Adapun yang menjadi tanggungjawabmu adalah
- Menyusun dan melaksanakan program kerja setiap tahunnya.
- Membuat laporan kerja dan mengevaluasi program kerja sebagai pertanggungjawaban.
- Mengidentifikasi, menganalisis, dan menentukan isu kampanye digital fundraising.
- Merancang, mengembangkan, dan menganalisis strategi kampanye digital fundraising.
- Membuat anggaran biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan strategi digital fundraising.
- Mengolah website, media sosial, dan database donor potensial.
- Membuat dan/atau mengemas konten (desain grafis maupun video grafis) digital fundraising yang dapat menarik traffic dan dapat dikonversikan menjadi database donor potensial.
- Membuat konten media sosial dan email marketing untuk mengarahkan online traffic ke website maupun media sosial.
- Membuat dan menyebarluaskan informasi kampanye digital fundraising melalui email marketing, broadcast Whatsapp, maupun SMS gateway.
- Memaksimalkan google adword atau Adgrand.
- Melakukan riset terhadap audience insight sesuai dengan interest kampanye digital melalui Facebook Ads, Instagram Ads, Twitter Ads, dan platform iklan lainnya.
- Melakukan analisis dan pengembangan strategi terhadap iklan yang dijalankan.
- Melakukan branding maupun re-branding program.
- Membangun dan memelihara kerja sama tim (team work) di internal organisasi.
- Menjalankan program kerja lainnya yang berkaitan dengan kegiatan penggalangan dana publik (fundraising).
Kualifikasi peserta
- Memiliki pengalaman sebagai digital marketing minimal 2 tahun.
- Minimal lulusan S1 segara jurusan.
- Berusia maksimal 30 tahun pada waktu pendaftaran (Senin, 14 September 2020).
- Bukan merupakan PNS/Polisi/TNI.
Kompetensi yang kami cari
- Memiliki keahlian sebagai content creator dan copywriter.
- Memiliki kreativitas tinggi untuk mengidentifikasi isu dan merancang kampanye digital.
- Memiliki keahlian dan menguasai teknik SEO, email marketing, dan dapat mengoptimalkan landing pages.
- Memiliki pengalaman dalam merancang dan mengoptimalkan kampanye melalui Google Adword maupun Google Ad Grant.
- Memiliki kemampuan untuk menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, maupun Twitter Ads termasuk memahami interest atau audience insight serta dapat menganalisis iklan yang dijalankan.
- Memiliki pengetahuan dasar/sederhana tentang HTML, CSS, dan JavaScript.
- Memiliki kemampuan dasar desain grafis.
- Memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik.
- Memiliki kemampuan untuk meng-organize event.
- Antusias, kreatif, dan memiliki inisiatif dalam bekerja.
- Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang Hak Asasi Manusia.
Persyaratan administratif dan berkas yang harus dilengkapi saat pendaftaran
- KTP/Paspor/Identitas Diri.
- Ijazah S1.
- Curriculum Vitae/Riwayat Hidup.
- Surat Lamaran/Motivation Letter.
- Portofolio.
- Surat Pernyataan Bukan PNS/Polisi/TNI (terlampir).
- Surat Rekomendasi (minimal dari dua orang pimpinan terdahulu) (terlampir)
- Jawaban atas Rencana Bisnis (soal terlampir).
Kirimkan berkas pendaftaran dan jawabanmu ke [email protected] dengan format subjek (Nama Lengkap_Calon Staf Pelaksana PDP) paling lambat pada Jumat, 25 September 2020, pukul 17.00 WIB.
Apa yang LBH Jakarta tawarkan padamu?
- LBH Jakarta akan menyediakan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri bersama kami sebagai sebuah tim.
- LBH Jakarta menawarkan kesempatan bagi kamu untuk menghadiri acara-acara dan pengembangan kapasitas sesuai minatmu.
- Kami membuka ruang untukmu mengembangkan ide-idemu yang sejalan dengan nilai, visi dan misi lembaga.
Tahapan Seleksi
Hari, Tanggal | Kegiatan |
Senin, 14 September 2020 s.d Jumat, 25 September 2020 | Pendaftaran Administrasi |
Senin, 28 September 2020 s.d Jumat, 2 Oktober 2020 | Perpanjangan Pendaftaran Administrasi |
Jumat, 9 Oktober 2020 | Pengumuman Seleksi Administrasi |
Senin, 12 Oktober – Selasa, 13 Oktober 2020. | Presentasi Rencana Bisnis |
Rabu, 14 Oktober 2020 – Kamis, 15 Oktober 2020. | Wawancara Peserta |
Senin, 19 Oktober 2020 | Pengumuman Penerimaan |
* Seluruh rangkaian seleksi dilakukan secara daring/online.
Sebagai sebuah lembaga yang memperjuangkan pemenuhan, penghormatan dan perlindungan hak asasi manusia, kami berpegang teguh pada nilai-nilai keberagaman, non-diskriminasi, dan keadilan gender. Untuk itu dalam proses perekrutan pengabdi bantuan hukum, kami hanya menilai berdasarkan kualifikasi dan kompetensi yang kami tentukan tanpa memandang ras, agama, warna kulit, jenis kelamin/gender termasuk kehamilan, ekspresi dan identitas gender, orientasi seksual, disabilitas, serta status perkawinan. LBH Jakarta bangga dan akan terus berusaha untuk dapat menjadi organisasi yang menerapkan kesetaraan kesempatan dalam setiap perekrutan para pengabdi bantuan hukum.
Jakarta, 14 September 2020.
Hormat kami,
Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi LBH Jakarta
Unduh: